....... Friday, November 19, 2010

Gue suka buku-buku alm. Pramoedya Anantatoer.
Pertama kali baca bukunya yang "bukan pasar malam" itu juga karena ada tugas sastra pas SMA diIPB (Ilmu Pengetahuan Bahasa) awalnya baca buku gituan emosi jiwa bahasanya berat, ejaan nya aneh. apalagi waktu itu guru nya rajin banget ngasih tugas bikin sinopsis buku-buku angkatan Merari siregar, Sultan Takdir Alisjahbana, Sanusi Pane. kesel juga sih Tapi entah kenapa sejak itu gue jadi suka baca buku sastra sampai sekarang.

Gue blajar banyak tentang apa itu puisi, sajak, pidato, nulis prosa, pantun. Blajar bahasa Jepang, Arab gundul, Jerman, bahasa Ingris tiap hari.
Pas SMA penjurusan, ada 3 pilihan IPA, IPS, IPB.
Nyokap pengenya gue ambil IPA karena nilai gue mencukupi, cuma waktu itu gue pikir..
"Heyyy!!masa SMA itu cuma skali!rite? lo mau apa idup dengan penuh rumus? ngitung? gak muak apa? masa muda saatnya have fun! Akhirnya gue putusin buat ngambil jurusan yang sama sekali blom pernah gue tahu, blom pernah gue pelajari. hal yang benar-benar baru. walaopun sering remed jepang, katakana ma sensei. hahaha. "
Nemuin semacam semangat yang baru setiap kali kesekolah (walaopun rajin telat, sepatu belang2 pas upacara). ada kepuasaan sendiri.

Gak pernah ada terlintas diotak bakal kuliah di jurusan seperti yang sekarang. tadinya mau ambil sastra Jerman. tapi papi gak ngizinin waktu itu, dia ngasih pilihan ambil sastra mandarin or inggris, dan gue pun les intensif ma native asli import dari pedalaman Zhōngguó. gue inget bgt ini sensei pasif bahasa Inggrisnya jadi ribet paling kalo udah capek ati gue cuma bisa ngurut dada, dan mau gak mau ngomong ma dia kudu pake bahasa hanyu selesei kelas biasanya lidah langsung patah-patah ngilu, bekonde. blajar coversation, nulis bahasa hanyu berlangsung slama 2bulan. Dan apa terjadi? gue nyerah!! gue gak bisa, tiap huruf desahannya beda, beda desahan beda arti =.= aampppuun Ya Tuhan!!
Papi nyaranin ambil hukum, karena basicnya dia orang hukum juga. gue nurut.
Dan ampe detik ini gue masih jadi mahasiswa fakultas hukum angkatan 2008 yang belakangan ini sangat jenuh, sehingga mengurangi kegiataan dikampus. Gue sadar...ini bukan dunia gue!

Gak bisa bayangin idup gue habis buat Undang-undang, perpu, perda, produk hukum, gue paling males baca koran mendingan baca conan selusin deh (hahahahhah) tapi mau gak mau harus dituntut update tentang perkembangan kasus apa yang ada, politik, Undang-undang baru apa yang berlaku, bahkan kemaren baru dapat tugas ngeanalisis tentang "setgab" gue ampe cengok..! ha?ha?ha? setgab itu apa? baru denger.. koalisi? parpol? ha? ha? ora ngartos T.T

Keilangan sesuatu, ada hal yang disadari berubah gak pernah gue rasain lagi.
kenapa gue gak bisa nemuin kepuasan seperti dlu pertama kali masuk kedunia yang baru, awal pas diIPB ? bukan kah sama saja? hukum atau sastra? sama-sama hal baru yang gue plajari. iya mungkin sekarang gue lagi menjalani suatu proses...proses untuk menikmati apapun konsekuensi dari apa yang telah dipilih.
Ada sih kepikiran untuk ngulang dari awal lagi, tapi sekarang udah mau masuk semester akhir rasanya tanggung. jadi, jalanin ajaalah..dan mempersiapin diri Desember udah mulai UAS. sebelum natal udah libur. yyeaaaahh!!

Semester depan, kepikiran sih buat mulai blajar jerman lagi. hehehe udah ampir 3tahun ninggalin kelas ini. rasanya kangeeeen bgt! semangat 45 mau blajar lagi..lagi..dan lagi. Life's too short to be wasted. I get it. But the truth is, I'm wasting mine in a way that people don't understand. so SMANGAAT!!

0 comments: