Filkum itu terlewatkan jua.. Thursday, July 19, 2012

FILKUM GUE LULUS!!

HA HA HA HA HA HA HA HA!!

Kalo ditanya "Mata kuliah terhardcore disemester akhir lo apaa bel?" FILKUM! Tanpa mengurangi rasa hormat untuk mata kuliah yang lain, tapi buat gue ini Hardcore cyiiiinn...Gue brasil melewtinya,

Ibarat ketiban segambreng cwok Korea, GUE BAHAGIA ^^ !!

Gue sekarang ini kan lagi semester akhir, jadi mau gak mau siap gak siap arus ambil mata kuliah "FILFASAT HUKUM" buat prasyarat kelulusan dan ditambah skripsi, ditanya berat apa gak..hhmm gue bilang sih awalnya sebelum dijalaninn ngerasa berat tapi setelah dijalanin, yaahh biasa ajaa...

Gue ambil kelas Pak Dr. Shidarta, S.H, M.Hum ini pertama kalinya selama gue idup di UNTAR ambil kelas sibapak ini. Awalnya ngeri... ngeri karena statment dari beberapa temen yang emang bilang bahan pelajarannya bakal segudang. cuma sejak Tiffany dan Marlye bilang "Ambil kelas sibapak aja cuuyyy... qta aja dapat A!! Lo pasti bisa belll...!!"

Nah...waktu itu gue mikir, masa Tiff dan Marly aja bisa.. masa gue gak?! 
Dan emang gak segampang yang dipikirkan ternyata untuk mendapatkan nilai A, filkum pula. Seriusan gue ngerasain bangeetttttt...ngeeetttt..! Cuma itulah proses, proses dimana galau-galauan tengah malam mandang fotokopian, pacar bukan..kekasih bukan tapi selalu ada dipikiran #caeeeelaaaaahhh

Gue lulus nilai C, tapi gue seneng. HA HA HA HA!
Gue inget ya.. sibapak sambil membesarkan hati kita-kita dia pernah cerita  kalo dulu, pas ambil kelas filkum dia lulus juga dengan nilai C, tapi who knows..beberapa tahun kemudian dia berasil nulis buku ttg filsafat hukum,.. hidup itu gak ada yang tau ntar kedepannya gimana..hihihhiihhhiii...

Ujiannya beda, kalo dari semester awal gue slalu ujian dengan sistem menjawab pertanyan sebanyak 5 atau 10 soal dan menulis, dikasih waktu 1jam lebih kalo kelas filkum... jadi ada 3 babak, sensasinya beda-beda. babak 1, itu menjawab pertanyaan pilihan ganda Benar atau salah setiap statment yang ada, dikasih waktu 15 detikan. Babak ke2 menjawab soal pilihan ganda juga tapi memilih jawaban A, B, C,D dalam waktu 20 detik, dan babak ke3 menjawab pertanyaan dengan menulis secara singkat dan babak ke3 ini nilainya besar skali, skornya 5. dan gak ada yang namanya siaran ulang dari slide yang ditampilin. intinya FOKUS. Gak ada waktu buat yang namanya lirik kanan kiri, kepikiran nyontek juga gak, seriusan deh. 
20 menit-an juga udah selesei. menghemat waktu, iya! nguras otak, iya banget! Kepala berasa berasap...

 Karena tidak terbiasa dengan ujian yang sistem ujian yang seperti itu, gue menjadi orang yang sangat parnok-an, pernah yah pas test sebelum UTS nilai gue cuma 4 doank... Itu pertama kalinya gue ujian bener-bener downsyndrome! HUUUUUUUAAAAAAA!!! 4 doank men....!! shock lah gue. Downsyndrome. 


Setiap orang gak sama setiap masing-masing orang pasti punya kelemahan dan kelebihan. tidak ada manusia yang bego, cuma males doank. Gue pribadi gak suka pilihan ganda, karena ngebingungin dan pada saat bersamaan diburu waktu pula, kerja otak gak seimbang dan ngeblank seketika, kejelekan gue juga terkadang suka "menggampangkan" sesuatu...
Pas UTS, gue dapat nilai 5 yaaaaahhh Lumayan yah daripada lu-manyun. H-3 sebelum filkum tiap sebelum tidur slalu gue gunain buat baca fotokopian, tidur pun meluk potokopian. H-1 UTS Gue gak tidur semalaman, begadang kalo kata bang rhoma...! 

Blajar filkum itu sebenarnya menyenangkan sih.. banyak ilmu yang gue dapat, iya ilmu yang bermanfaat yang gak pernah gue dapat dari semster sebelumnya, hal yang sangat essensi. sebagai mahasiswi yang blajar hukum yang udah ribuan tahun sejak semester awal, dengan blajar filkum gue bisa melihat orang lain dengan hanya melihat dia berbicara gue bisa tau...
"ohhhh ini orang aliranya mazhab sejarah naahhh...pantes dia ngomngin gini" 
atau 
"oh...ini orang hukum kodrat.." 

Nilai yang gue dapat slama test gak bagus-bagus amat dan wajar kalo gue punya ketakutan
"Kalo gak lulus piye?"

Sebelum UAS gue ampe kebawa mimpi, jadi gue mimpi kalo lagi UAS filkum trus sibapaknya nyengir nyengir dan bangun-bangun gue panik langsung bbm Gledys "edysss...ari ini uas filkum yah??mati gue blom blajar sama skali!!" jam 3pagi gue ampe ngecek tanggalan dikalender dan ternyata masih 4arian lagi =.=

HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAAHAA!!

Sebelum UAS jadi ada test lagi tuh.. pak Shidarta udah bilang kalo nilainya bagus, ntar UAS pasti bisa. Pas test nilai gue biasa-biasa aja, makin stresss laaahhh gue. H-1 Gue blajaaaaarr mati-matian, gw gak tidur sama skali. diotak gue cuma kepikiran "bel..lo arus lulus, arus!!" 

Pas UAS jawaban gue yang isian, 5 soal..bener semua... HOOREEEE!!
Tapi tetep aje deg deg degkan cyiiin..soalnya yang pilihan gandanya itu lho... bener-bener merisaukan batin idup pun tak tenang kayak ababil tiap bangun yang gue lakuin adalah ngecekin nilai di LINTAR, gue bahkan lupa jawaban yang gue silangin tapi gue optimis pas keluar kelas abis UAS, biar galau yang penting pede. Gue yakin... gue Lulus. 

Gue tahu awalnya gue lulus dari bbm Gledys, dia bbm : "BELLAAAAA!!LO LULUS FILKUM" Gue lagi di  Airport Changi, Check in ticket dan pas pemeriksaan pasport gue masih senyum senyum nyengir, ampe akhirnya gue sadar ada petugas imigrasi India yang negur "are you oke, mam?something happend?"

"MAMMMIIII... anakmu LULUS FILKUM"
HA HA HA HA AHA HA A-HA!

Alhamdulilah, semester ini lulus smua. Nilainya juga lumayan :D 
jadi sekarang gue bisa fokus untuk skripsi. 

Udah mau puasa, Marhaban ya Ramadhan. 
Selamat berpuasa bagi yang menjalankannya !! 














0 comments: