Whats going on? Friday, October 22, 2010

Beberapa ari belakangan ini di twitter gue sempet baca berita tentang Ormas Islam dan beberapa masyarakat yang menginginkan Patung Amitabha Tri Ratna dikawasan Vihara diturunkan, bahkan mereka telah mengirimkan surat dan mendesak kepada walikota Tj.Balai, Sumut untuk melakukan tindakan. Dan tentunya hal mendapat perlawanan dari Komunitas Chinese disekitarnya.

Ini gue nemu sebuah draft kecil tentang alasan masyarakat tersebut:
Photobucket

karena awalnya bingung tapi setelah gue baca dibeberapa link ini dan gue ngerti
http://www.thejakartapost.com/news/2010/10/20/indonesianchinese-protest-removal-buddha-statue.html
http://beritasore.com/2010/10/08/gib-minta-walikota-t-balai-turunkan-patung-amitabha-tri-ratna/

Gue pribadi sedih kok iya masyarakat Indonesia yang terkenal dengan tradisi keTimurannya jadi sangat terbelakang seperti ini?
Indonesia mengakui dan melindungi para pemeluk agama bahkan ini termasuk hak asasi setiap manusia untuk beribadah sesuai dengan keyakinannya, ada didalam Pancasila dan dituangkan dalam Undang-Undang Dasar 1945.

Berbicara tentang agama gak bakal ada habisnya dan gue gak habis pikir apa yang dilakukan beberapa kelompok masyarakat ini. Bukan kah setiap agama itu mengajarkan kebajikan? ketentraman? kebaikan? kenapa kita harus mengusik dan mengganggu masyarakat lain yang berbeda keyakinan? Bukankah idup dalam perbedaan itu jauh lebih berwarna? Indonesia bukan negara agama, Walaupon mayoritas masyarakat Indonesia adalah Islam apakah harus berdasarkan Qaidah Islam juga kedaulatannya, tentu tidak. Ada hak -hak minoritas disini, dan negara melindungi nya!!
Dan gue cukup miris baca tentang orang yang bepikiran sempit ngeRe-Tweeet yang bilang bahwa patung itu adalah benda berhala, tak beragama lah. Apa itu ucapan seorang yang beragama? lalu Apa standarisasi orang bisa dikatakan beragama?
menyedihkan, mereka yang nyuruh patung buddha dipindah karena dianggap mengganggu kerukunan beragama demi kepentingan tertentu #patheticinsanity.

Sama aja perumpamaan nya seperti Kalo Patung Buddha mau diturunin karena keliatan dari jalan. bagaimana Kalo loudspeaker masjid diminta dicopot karena suara kenceng, gimana perasaan kalian?

Banyak orang yang terlalu bersemangat menyembah Tuhan sampai-sampai merasa berhak mengklaim cara menyembahnya yang paling benar, mereka lupa manusia beragama, mereka udah gak menjejak kakinya dibumi. Banyak manusia zaman sekarang amnesia sejarah, banyak yang gagal mengambil pelajaran kerukunan beragama dari manusia besar yang lahir sebelum mereka :) .
AYOO INDONESIA BANGKIT!!
Bangsa kita sudah terlalu lama dijajah bangsa lain, tralu sering kita diprovokasi, masa iya masyarakat kita mau dijajah dengan kebodohan dan pemikiran sempit.
Semua Agama itu baik, tapi multi tafsir yang ditimbulkan manusia itu sendiri yang menghancurkannya.

0 comments: